banner

Saturday, October 6, 2012

Komputer

Komputer
  • Pengertian Komputer
  1. Komputer adalah alat yang digunakan untuk memanipulasi data menurut prosedur yang telah dirumuskan. oleh wikipedia. 
  2. Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menghitung atau secara otomatis memanipulasi data dengan hati-hati diperintahkan oleh, dan memberikan hasil pengolahan, serta menjalankan sistem multimedia. Oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia. 
  3. Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan komponen yang terintegrasi sehingga dapat bekerja sama dengan satu sama lain, serta membentuk sistem kerja hati-hati dan rapi. Sistem ini dapat kemudian digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan urutan secara otomatis, berdasarkan instruksi, atau program yang diberikan kepadanya. Oleh Burhan Rizki Pradika. 
  • Sejarah Komputer
  1. Komputer berasal dari bahasa latin yang artinya menghitung.
  2. Penemu komputer adalah charles babbage adalah sebuah kerajaan inggris. Dia lahir pada 26 desember 1792 dan meninggal pada 18 oktober tahun 1871.  
  3. Sejarah perkembangan komputer. 
             



                  

- Generasi pertama komputer ENIAC (1940-1959) (elektronik numerik Integrator dan kalkulator) dan EDVAC (Electronic Discrete Variable otomatis komputer) penciptaan Dr John Mauchly dan Presper Eckert.
- Generasi kedua komputer ( tahun 1959 - tahun 1964 ) sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti cobol & fortran. 

 
-  Generasi ketiga komputer ( tahun 1964 - 1990 ) muncul jenis terkecil mikrokomputer komputer dan populer seperti apple ii, ibm pc sinclair, dan muncul bahasa yang pemrogaman yakni Basic. 


-  Generasi keempat komputer ( tahun 1990-an ) Terciptanya supercomputer.
 


-  Generasi kelima komputer ( komputer saat ini) 






  • Bagian Komputer 
Komputer terdiri dari dua bagian utama, yaitu perangkat lunak dan perangkat keras.

Perangkat Lunak :
  1. Dasar Program pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi yang umum digunakan adalah LINUX, Windows dan Mac OS. 
  2. Program komputer atau sistem dipasang untuk aplikasi tambahan dan mengoptimalkan komputer kerja.
Perangkat Keras 
  1. Proccessor atau CPU (Central proccessing unit) sebagai unit pengolahan data 
  2. RAM, menyimpan data sementara. 
  3. Hardisk, media penyimpanan semi-permanen. 
  4. Input, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, pemindai, webcam, dll 
  5. Output, media yang digunakan untuk menampilkan output dari CPU pengolahan, seperti monitor, speaker, proyektor, printer, dll. 

sumber : wikipedia.org

1 comment:

  1. makasih gan artikelnya ini mengenai komputer ini...
    solder uap

    ReplyDelete

free counters
Powered By Blogger